brokoli

Sayuran Yang Lebih Sehat Dimakan Mentah

DapurMedan.com – Hasil penelitian dari American Institute of Cancer Research (AICR) mengungkapkan bahwa para wanita yang mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dalam jumlah banyak memiliki resiko kanker payudara lebih rendah ketimbang mereka yang jarang mengkonsumsi sayur dan buah. Selain itu, mengurangi konsumsi daging merah dan makanan cepat saji juga menjadi salah satu cara menghindari resiko terjangkit kanker.

Berikut ini beberapa jenis sayur yang ternyata lebih bermanfaat dimakan dalam kondisi mentah (tanpa dimasak):

Brokoli
Jika dimasak, brokoli akan menerima suhu panas yang mengakibatkan kandungan sulforaphane dalam brokoli berkurang. Padahal, sulforaphane dalam brokoli ini lah yang membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kol
Saat dimasak, enzim myrosinase yang dapat mencegah tumbuh nya sel kanker hancur karena panas.

Bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulifur yang bernama Allicin. Allicin sangat baik untuk mencegah pertumbuhan kanker. Senyawa ini akan rusak jika terkena panas.

Bawang Bombay
Bawang Bombay memiliki kandungan antiplatelet, yang dapat mencegah penyakit jantung. Namun, suhu panas yang muncul dari proses memasak akan membuat antiplatelet memudar. Sehingga manfaat sehat dari Bawang Bombay akan jauh berkurang.

Semoga informasi ini berguna. Silakan mempertimbangkan apakah untuk tetap memasak bahan makanan tersebut atau tidak jika anda ingin memakannya.

Jika anda membutuhkan makanan sehat tanpa harus repot, DapurMedan.com dapat menjadi solusinya. DapurMedan.com menyediakan catering makanan sehat dengan bahan herbal cina. Makanan sehat ini sering dikenal dengan makanan catering Ai Guek Lai atau catering ciapo untuk ibu melahirkan dan ibu hamil. Namun, makanan ini juga baik dikonsumsi oleh siapapun untuk kesehatan.

Scroll to Top